Awas! Jangan Biarkan Rasa Bosan Anak Berlarut-larut

JELAJAHNEWS.ID, JAKARTA – Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun mengalami kebosanan selama berada di rumah saja saat masa pandemi ini. Hal ini tentu jangan dibiarkan lama-lama, karena akan berdampak pada kesehatan mental sang anak.

Lalu, bagaimana cara orangtua mengatasi anak yang bosan di rumah? Penting bagi orangtua untuk mengisi waktu anak-anak dengan beragam kegiatan bermanfaat selama di rumah.

“Rasa bosan anak dapat diatasi dengan beragam cara, dengan mengajak mereka untuk aktif dan terlibat. Misal berolahraga bersama anak di halaman rumah,” ujar psikolog dari RSIA Bina Medika Bintaro, Tanti Diniyanti S.Psi, belum lama ini.

Menurutnya, aktivitas fisik dapat membuat anak-anak tidak akan merasa bosan saat berada di rumah. Dia mencontohkan, karena saat pandemi kita dilarang berekreasi keluar rumah, orangtua perlu menciptakan rekreasi di rumah saja, seperti melakukan kemah-kemahan bersama keluarga.

“Nah, untuk orangtua juga disarankan untuk fokus saat bersama anak. Tinggalkan pekerjaan dulu, tinggalkan handphone, dan sebagainya, sehingga membuat anak merasa lebih nyaman saat berkumpul,” jelasnya.

Tanti juga mengimbau para orangtua, khususnya ibu, untuk tidak menanyakan anak perihal sekolah, hargai perasaan anak dan berikan waktu anak untuk rileks.

“Hal itu bisa membuat kebersamaan jadi kurang efektif, sehingga orangtua perlu mengetahui segala kondisi anak,” kata dia.

Selain itu, dalam memilih kegiatan bersama, orangtua juga bisa memberikan hal-hal yang anak suka. Inilah saatnya anak mendapatkan apresiasi dari orangtua, setelah melakukan berbagai kegiatan selama belajar daring di rumah.

“Memberikan hadiah juga penting, karena akan membuat anak merasa bahagia. Namun tentu perlu ada batasannya. Misal dengan memberikan target-target tertentu selama belajar,” tutur Tanti. (src)