Aulia Rachman: TP PKK Kota Medan Diharapkan Bermanfaat Bagi Masyarakat

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman mengharapkan TP PKK Kota Medan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat kota Medan.

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman ketika menghadiri Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke 49 Kota Medan Tahun 2021, Kamis (8/4/2021), di Gedung PKK Kota Medan, jalan Rotan, Kec. Medan Petisah.

“PKK kota Medan harus bisa memberikan manfaat kepada masyarakat salah satunya dengan menyampaikan program Pemko Medan kepada masyarakat mengenai pengembangan UMKM yang ada di Kota Medan,” ujar Wakil Wali Kota mengawali sambutannya.

Aulia berharap PKK Kota Medan harus mampu merangkul seluruh masyarakat khususnya para pelaku UMKM yang ada di Kota Medan.

Dimana Pemko Medan memiliki program membangun satu sentra ekonomi kreatif di tiap-tiap Kelurahan yang ada di kota Medan. Tujuanya agar produk-produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM ini dapat terserap dengan baik.

“Pemko Medan ingin menghidupkan ekonomi masyarakat di masa pandemi covid-19 saat ini, salah satunya dengan membangun sentra ekonomi kreatif di tiap-tiap Kelurahan, nanti produk-produk yang mereka hasilkan dapat kita gunakan seperti makan dan minum di Pemko Medan dapat menggunakan produk dari UMKM kita,” ujar Aulia.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu Bobby Nasution mengatakan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK memiliki arti penting dan strategis dalam mengimplementasikan 10 program pokok PKK yang di kelolah dari oleh dan untuk masyarakat serta dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa dengan tujuan mewujudkan masyarakat yang berdaya dan sejahtera.

Pelaksanaan Hari Kesatuan Gerak (HKG)PKK tahun ini memasuki tahun ke 49 dengan tema “Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju.” Tema ini memberi makna bahwa PKK saat ini hendaknya tahu, mampu dan mau menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, kesehatan, pendidikan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan hidup.

“Makna lainnya ialah gerakan PKK bukan semata melibatkan keluarga sebagi objek atau sasaran pemerintah akan tetapi sebuah gerakan yang mampu menginisiasi keluarga-keluarga Indonesia melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagaimana tujuan pembangunan nasional,”lanjut Ketua TP PKK Kota Medan.

Lebih lanjut Ketua TP PKK Kota Medan menjelaskan saat ini gerakan PKK semakin berkembang dengan program-programnya yang turut menjadi solusi mengatasi permasalahan bangsa. Sejak merebaknya pandemi covid-19 kader PKK telah aktif melakukan kampanye protokol kesehatan dengan gerakan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) serta 3T(testing, tracing, dan treatment), pemberian bantuan makanan bergizi bagi masyarakat terdampak pandemi covid-19 serta gebrak masker yang dilakukan sejak awal pandemi covid-19 hingga saat ini.

“Apa yang telah dilakukan PKK adalah sebagai bentuk peran aktif dari PKK yang telah membagikan masker sebanyak 41.3 jt masker yang disebarkan ke seluruh Provinsi di Indonesia serta melakukan test swab dan rapid test secara gratis kepada masyarakat.”ujar Ketua TP PKK Kota Medan melanjut sambutan Ketua TP PKK Pusat.

Kahiyang juga menghimbau kepada seluruh pengurus TP PKK yang ada di setiap daerah untuk berkomitmen dan berdedikasi untuk memajukan PKK siapapun yang menjadi ketua di wilayah masing-masing. Serta mengharapkan dukungan dari Kepala Daerah sebagai ketua pembina PKK di wilayah masing-masing.

Peringatan HKG PKK ke 49 tingkat Kota Medan ini ditandai pula dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua TP PKK Kota Medan dan dimeriahkan dengan berbagai pertunjukkan tarian multi etnis.
Dalam kesempatan ini juga diserahkan piala kepada para pemenang lomba HKG PKK ke 49 Kota Medan Tahun 2021 oleh Ketua TP PKK Kota Medan, kemudian dilanjutkan dengan pemberian makanan tambahan kepada anak-anak PAUD dan penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA), setelah itu dilanjutkan dengan peninjauan UMKM.

Turut dihadiri, Wakil Ketua I TP PKK Kota Medan, Ny. Shaula Arindianti Aulia Rachman, Wakil Ketua II TP PKK Kota Medan, Ny. Ismiralda Wiriya Alrahman beserta unsur pengurus lainya. Selain itu hadir juga perwakilan dari Persit KCK Kodim 0201/BS dan Bhayangkari Polrestabes Medan, Pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan beserta Camat sekota Medan.(Jai)