Asia Dominasi Piala Dunia 2022, 5 Tim Kuda Hitam Buat Kejutan Lolos 16 Besar

JELAJAHNEWS.ID – Babak grup Piala Dunia 2022 telah berakhir, setelah pertandingan grup G dan grup H, Jumat malam hingga Sabtu (03/12/22) dinihari WIB.

Tuntasnya laga di grup G dan grup H pun akhirnya melengkapi 16 negara yang akan memulai perjalanannya di babak gugur ajang empat tahunan itu.

Beberapa negara besar pun masih mendominasi babak gugur seperti Belanda, Inggris, Amerika Serikat, Argentina, Prancis, Kroasia, Spanyol, Brasil, dan Portugal.

Sedangkan beberapa negara yang berhasil lolos ke babak 16 besar adalah tim-tim kejutan yang tak pernah disangka bisa lolos dari fase grup dan menembus babak gugur.

Setidaknya ada lima negara di Piala Dunia 2022 ini yang berstatus kuda hitam dan membuat kejutan dengan lolos ke babak 16 besar.

1. Korea Selatan

Langkah Jepang dalam membuat kejutan di Piala Dunia 2022 ini mampu diikuti oleh wakil Asia lainnya, yakni Korea Selatan.

Semula, tak ada yang menyangka Korea Selatan bisa lolos ke babak 16 besar dari grup H. Apalagi setelah hasil imbang dan kekalahan yang didapat dari Uruguay dan Ghana.

Namun di laga terakhir, Taeguk Warriors bisa membuat kejutan dengan mengalahkan Portugal 2-1 dan menyegel tiket ke babak 16 besar.

2. Jepang

Jepang mungkin menjadi tim paling mengejutkan sepanjang Piala Dunia 2022 ini. Bagaimana tidak, tim Samurai Biru lolos ke babak 16 besar melangkahi tim sekelas Jerman di fase grup.

Tergabung di grup neraka, yakni grup E bersama Spanyol, Jerman, dan Kosta Rika, Jepang yang diprediksi tak lolos justru bisa keluar sebagai juara grup.

Hebatnya lagi, dalam perjalanannya menjadi juara grup E Piala Dunia 2022, Jepang berhasil mengalahkan dua tim unggulan, yakni Spanyol dan Jerman dengan skor 2-1.

3. Maroko

Tak hanya wakil Asia saja yang menbuat kejutan. Wakil Afrika, Maroko, juga memberikan efek kejut dengan lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup F Piala Dunia 2022.

Tergabung dalam grup F bersama Kroasia, Belgia, dan Kanada, Maroko sejatinya tak diunggulkan sama sekali ketimbang tiga lawannya itu.

Namun tim berjuluk Singa Atlas ini berhasil membalikkan prediksi banyak pihak dengan memenang dua pertandingan atas Belgia dan Kanada, serta bermain imbang 0-0 kontra Kroasia.

4. Australia

Wakil Asia lainnya yang membuat kejutan adalah Australia. Sejenak, keberhasilan Socceroos lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dianggap bukanlah hal yang mengejutkan.

Tapi jika melihat perjalanannya, apa yang dicapai Australia di Piala Dunia 2022 ini cukup mengejutkan. Apalagi setelah dikalahkan Prancis dengan skor 4-1 di laga pertama.

Setelah kekalahan telak itu, Australia bangkit dan mampu meraih kemenangan di dua laga lanjutan saat melawan wakil Afrika, Tunisia, dan wakil Eropa, Denmark, yang lebih dijagokan lolos ketimbang Socceroos.

5. Swiss

Tak semua wakil Eropa adalah tim kuat. Salah satunya Swiss yang berada di grup G dan berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Swiss memang punya sejarah panjang di turnamen mayor seperti Piala Dunia 2022. Tapi keberhasilannya ke babak 16 besar terbilang cukup mengejutkan.

Di tengah banyaknya prediksi Serbia akan lolos bersama Brasil, Swiss membuat kejutan dengan mengalahkan The Eagles di laga terakhir grup G dan berhak ke babak 16 besar. (idc/jn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *