Apel Kesiapsiagaan TNI-AD 2022, Kasad Minta Prajurit Jaga Netralitas

JELAJAHNEWS.ID – Kepala Staff Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman secara virtual memimpin Apel Kesiapsiagaan TNI AD Tahun 2022, bertempat di Lapangan Ahmad Yani Makodam V/Brawijaya Jalan Raden Wijaya Nomor 1, Surabaya, Rabu (26/10/2022).

Dalam amanatnya, Kasad, Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyampaikan bahwa kegiatan Apel Kesiapsiagaan memiliki makna yang sangat penting dan strategis sebagai indikator untuk mengukur kesiapsiagaan seluruh satuan TNI Angkatan Darat dalam menghadapi perkembangan situasi atau kontinjensi yang mungkin terjadi di wilayah NKRI.

“Apabila setiap satuan dan seluruh Prajurit memiliki kesiapsiagaan yang mantap dan meyakinkan, maka akan menjadi jaminan bagi stabilitas keamanan wilayah Indonesia yang terjaga baik dan kondusif,” tegas Dudung Abdurachman di hadapan seluruh prajurit TNI Angkatan Darat.

Kasad juga menekankan kepada seluruh satuan dan prajurit TNI Angkatan Darat agar menjalankan peran, tugas serta fungsinya secara optimal dan maksimal untuk membantu menyukseskan program pemerintah dalam penanganan COVID-19, pemulihan ekonomi nasional, penanganan bencana alam, mencegah dan mengatasi ancaman radikalisme, menjaga netralitas TNI dan ikut menyukseskan penyelenggaraan KTT – G20, serta meningkatkan pelaksanaan ketahanan pangan, stunting dan TNI AD Manunggal Air dalam rangka membantu kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Kasad mengingatkan agar setiap Prajurit TNI Angkatan Darat dapat memahami apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sesuai aturan yang berlaku dan tetap berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI serta berpegang teguh pada Tujuh Perintah Harian Kasad.

“Jangan pernah ragu dalam melakukan tindakan yang cepat, terarah dan terukur sesuai Standard Operating Procedure (SOP) maupun aturan yang berlaku lainnya,” pesan Kasad.

Diakhir pelaksanaan apel tersebut, Kasad menyapa dan berdialog dengan seluruh Pangdam di jajaran TNI Angkatan Darat melalui video conference.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam V/Brawijaya melaporkan kepada Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, bahwa Kodam V/Brawijaya siap melaksanakan tugas menghadapi Kontinjensi di wilayah Kodam V/Brawijaya.

Selesai Pelaksanan kegiatan Apel Kesiapsiagaan TNI-AD TA. 2022, Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Nurchahyanto, M.Sc. juga memberikan pengarahan kepada Prajurit Kodam V/Brawijaya agar selalu menjaga hubungan baik dengan rakyat dimanapun berada. Pasalnya, rakyat sudah sangat baik dengan TNI, terlebih dengan prajurit Kodam V/Brawijaya.(jn/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *