Antisipasi Gempa, BMKG Pasang WRS New Gen di Kantor Bupati Karo

KARO – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Deliserdang memasang alat pendeteksi dini gempa bumi dan tsunami atau ‘Smart Display Warning Receiver System New Generation’ (WRS New Gen) di lobi Kantor Bupati Karo,di Kabanjahe, Rabu (22/7/2020).

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang Teguh Rahayu saat bertemu dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, pemasang WRS New Gen itu berfungsi untuk memberikan informasi dini kepada masyarakat. Seperti informasi tentang gempa bumi dan tsunami secara real time di wilayah Kabupaten Karo.

“Wilayah Kabupaten Karo rentan terjadi bencana. Sehingga alat ini dapat digunakan sebagai proteksi untuk mendapatkan informasi,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, untuk wilayah Sumut periode 2020 ini telah terpasang 11 alat WRS New Gen. Antara lain, tersebar di Medan, Tapanuli Selatan, Samosir, Pakpak Bharat, Dairi, Padang Lawas. Juga Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Asahan, Labuhan Batu dan Karo.

Menanggapi hal itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana menyampaikan terima kasihnya kepada BMKG. karena telah memasang alat yang bisa memberikan informasi dini gempa dan tsunami secara real time.

Bupati berharap, semoga peralatan pendeteksi dini itu bisa mempermudah dalam memberikan informasi di daerah Kabupaten Karo, terkait gempa bumi dan tsunami. Sehingga pemerintah dapat mengambil langkah lanjut secara cepat dan tepat.

Turut hadir dalam pemasangan alat deteksi gempa, Sekda Karo Drs Kamperas Terkelin Purba MSi, Kadis Kominfo Jhonson Tarigan. Kabid Logistik BPBD Natanael Peranginangin. Semua berharap agar pemasangan deteksi gempa itu bermanfaat bagi seluruh warga Tanah Karo. (Jai)