Antisipasi Covid-19, Forkopimda Karo Sidak Tenaga Kerja Asing

JELAJAHNEWS.ID,KARO – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karo melakukan sidak Tenaga Kerja Asing di dua perusahaan di Desa Kandibata Kabupaten Karo, Senin (16/3/2020).

Menurut Bupati Karo Terkelin Brahmana, sidak untuk memastikan TKA yang diperkerjakan di PT. Karo Bumi Energy dan PT. Ala Bama Energy agar tidak menimbulkan keresahan bagi masyarakat.

“Namun setelah kita pantau langsung tadi, tidak ada TKA yang lain masuk ke wilayah Kab. Karo khususnya di Kandibata tempat lokasi perusahaan tenaga listrik tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut, dikatakan Terkelin, Forkopimda juga menegaskan kepada perwakilan PT. Karo Bumi yaitu Komisaris PT Karo Bumi Energy, apabila ada TKA yang baru masuk segera laporkan kepada Kepala Desa Kandibata.

“Supaya tertib adminitrasi, agar disosialisasikan ke masyarakat, agar jangan ada masyarakat setempat khawatir adanya TKA yang terpapar virus corona (Covid-19) sehingga berdampak menjadi isu hoaks yang belum tentu kebenarannya,” ungkapnya.

Sementara, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono meminta kepada pihak perusahaan yang memperkerjakan TKA supaya terlebih dahulu melengkapi dokumen dokumen adminitrasi salah satunya KITAS (Kartu Ijin Tinggal Terbatas) dan pemeriksaan kesehatannya yang tidak bermasalah dari dinas kesehatan.

Lanjut Kapolres, libatkan babinkamtibnas dan babinsa dalam pendataan TKA, jika ada yang masuk bekerja ke perusahan tersebut.

“Sebab ini salah satu cara ampuh mencegah virus corona berkembang ditengah masyarakat agar dilakukan penanganan secepatnya jika ada TKA yang terpapar virus corona,” jelasnya.

Hal yang sama dikemukakan Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal, mengatakan kedatangan kami Forkopimda untuk menepis isu hoaks yang berkembang bahwa perusahan PT. Karo Bumi Energy dan PT. Ala Bama Energy banyak merekrut dan memperkerjakan TKA.

Tindakan gerak cepat ini untuk menimalisir dan memastikan bahwa tidak ada tenaga TKA yang terpapar virus corona di PT. Karo Bumi Energy dan PT Ala Bama Energy, namun demikian sebagai wilayah teritorial kami minta babinsa dilibatkan jika ada penambahan TKA di perkajakan, untuk pendataan lebih lanjut.

Menyahuti permintaan tersebut, Komisaris PT Karo Bumi Energi Edwin Siburian didampingi Jefri juru penterjemah menyambut positif banyaknya masukan dan akan segera melaporkan kepada pimpinannya dalam hal tertib adminitrasi dan pelibatan babinkamtibnas dan babinsa.

Adapun, Edwin siburian mengaku sepengatahuannya tidak ada anggota TKA yang baru masuk ke perusahannya bekerja saat ini. “Kedepan kita sepakat akan kita sampaikan kepada perangkat desa apabila ada tenaga kerja lokal maupun TKA yang baru masuk,” katanya.(Jai)