Antisipasi Corona, Akhyar Harap RSUD Dr Pirngadi Tingkatkan Mutu dan Kualitas Layanan

JELAJAHNEWS.ID,MEDAN – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, menyerahkan Sertifikat Akreditasi kepada RSUD Dr Pirngadi, sebagai rumah sakit pendidikan utama dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU). Sertifikat ini menjadi perwujudan sekaligus bukti bahwa RSUD Dr Pirngadi merupakan rumah sakit yang layak dan representatif sebagi tempat dilakukannya pendidikan bagi para mahasiswa FK.

Penyerahan diberikan Akhyar ketika memimpin Apel pagi di RSUD Dr Pirngadi Medan, Senin (16/3/2020). Usai diterima dari UISU, sertifikat kemudian diserahkan Akhyar secara resmi kepada Dirut RSUD Dr Pirngadi Suryadi Panjaitan. Diharapkan, sertifikat tersebut semakin memacu RSUD Dr Pirngadi dalam meningkatkan mutu dan kualitas layanan kesehatan.

Selain pemberian sertifikat, Akhyar juga menerima satu unit mobil ambulance dari PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sumut untuk mendukung operasional RSUD Dr Pirngadi. Tujuannya sebagai bentuk kontribusi pemberian layanan di bidang kesehatan bagi masyarakat khususnya warga Kota Medan.

Mengawali arahannya, dihadapan jajaran direksi dan mahasiswa FK yang tengah melaksanakan Koas, Akhyar mengaku senang dan bangga atas diterimanya sertifikat akreditasi yang diberikan UISU kepada RSUD Dr Pirngadi.  Diharapkan seluruh jajaran direksi semakin terpacu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Atas nama Pemko Medan, kami juga mengucapkan terima kasih atas bantuan satu unit mobil ambulance yang diberikan. Tentu ini dapat semakin membantu meningkatkan operasional RSUD Dr Pirngadi dalam pelayanan kesehatan. Kepada direksi RSUD Dr Pirngadi kami harap bamtuan tersebut dapat dijaga, dirawat dan digunakan dengan sebaik-baiknya,” kata Akhyar.

Terkait merebaknya virus Corona yang menjangkit beberapa daerah di Indonesia, Akhyar berpesan kepada tim medis RSUD Dr Pirngadi agar sigap dan tanggap dalam merespons aduan masyarakat. Dengan demikian, pencegahan dapat dilakukan dengan secepat mungkin.

“Kepada seluruh tim medis, saya minta agar responsif dalam menyikapi aduan masyarakat. Selain itu, tim medis juga memiliki tanggung jawab memberi rasa aman dan nyaman serta menciptakan ketenangan kepada masyarakat sesuai dengan kapasitas ilmu yang dimiliki. Manfaatkan media sosial yang kita miliki untuk menyebarkan kebenaran terkait anjuran pola hidup bersih dan sehat (PHBS) guna mencegah terjangkitnya virus corona,” pesannya.

Selanjutnya, disaksikan Akhyar, serah terima satu unit mobil ambulance ditandai dengan penandatangan berita acara oleh Dirut RSUD Dr Pirngadi dan Kepala Cabang PT Jasa Raharja (Persero) Sumut Ifriyantono. Kemudian, Akhyar meninjau kondisi serta fasilitas ambulance yang telah diberikan tersebut. (RRL)