oleh

Al-Washliyah Diharap Dapat Terus Mengisi Kemerdekaan

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi menjadi inspektur upacara Apel Akbar 90 Tahun Al Jam’iyatul Washliyah di Lapangan Upacara Universitas Al-Washliyah (UNIVA) Medan, Senin (30/11/2020).

Diharapkannya, Al-Washliyah terutama para generasi mudanya terus mengisi kemerdekaan, khususnya berkontribusi bagi bangsa dan negara. Edy pun mengatakan, usia ke-90 bukan lagi usia yang muda. Telah banyak kontribusi Al Washliyah, salah satunya ikut memerdekakan Republik Indonesia. Al-Wasliyah, katanya, berdiri untuk mempersatukan umat yang tepecah dan berbeda pandangan antara kaum muda dan tua.

Bahkan sebelum Republik Indonesia berdiri, Al-Wasliyah sudah berdiri. Al-Washliyah juga memiliki banyak tokoh, cedikiawan dan kalangan ulama yang sudah menunjukkan eksistensinya bagi bangsa dan negara. Oleh sebab itu, semangat Al-Washliyah saat itu harus terus dijalankan dengan cara mengisi kemerdekaan.

“Saya minta itu dilanjutkan. Al Washliyah lahir lebih dulu dari republik ini. Organisasi ini bersejarah, dia ditakdirkan ikut memerdekakan republik ini. Saya harap Al-Washliyah sekarang mengisi kemerdekaan untuk negara yang kita cintai ini,” kata Edy.

Kepada para pengurus ataupun warga Al-Wasliyah, Edy juga berpesan agar dapat membesarkan organisasi tersebut. Menurutnya, Al-Washliyah adalah kebanggan Sumut. Lantaran organisasi tersebut pertama kali berdiri pada tanggal 30 November 1930 di Sumut dan karena itu juga, dirinya berkewajiban ikut membesarkan Al-Wasliyah.

Dengan bertambahnya usia Jam’iyatul Washliyah, harus semakin terkukuhkan sebagai perhimpunan yang mencerahkan dan merekatkan persatuan. Apalagi begitu banyak prestasi telah ditorehkan Al Washliyah.

“Dalam usia yang panjang ini, saya berharap Jam’iyatul Washliyah melihat lebih banyak ke depan. Usia 90 tahun adalah usia yang cukup panjang. Tapi Insya Allah di depan sana perjalanan masih lebih panjang,” sebut Edy.

Dalam kegiatan itu, Gubernur juga berkesempatan meletakkan batu pertama pembangunan Gedung Madarasah Al Washliyah di belakang Kampus UNIVA Medan.

“Saya senang melihat pembangunan ini. Inilah cita-cita Al Wasliyah membesarkan pendidikan Islam di Sumut,” kata Gubernur, usai meletakkan batu pertama.

Rektor UNIVA Medan, Halfian Lubis mengapresiasi kedatangan Gubsu, Edy Rahmayadi di kampusnya. Ia berharap pesan Gubernur dapat menjadi motivasi bagi civitas akademika UNIVA Medan.

“Semoga pesan Pak Gubernur tadi bisa menjadi motivasi bagi para civitas akademika sebagai generasi penerus bangsa ini,” kata Halfian. (IP)

News Feed