oleh

Aksi Nyeleneh Balapan Buka Baju Quartararo Tuai Kritikan

OLAHRAGA – Aksi Nyeleneh pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo menuai kritikan dari sejumlah pihak.Pasalnya Quartararo membuka bajunya jelang finish di MotoGP Catalunya 2021 belum lama ini.

Aksi tersebut terjadi saat Quaratararo tengah berjuang meraih podium tertinggi saat bersaing bersama Miguel Oliveira (KTM) di posisi kedua di sepanjang MotoGP Catalunya 2021.

Tiba-tiba konsentrasinya hilang serta disalip oleh Johann Zarco (Pramac Ducati), di mana kamera on board menangkap bahwa Quartararo membuka resleting baju balapanya.

Tak hanya itu, Quartararo juga membuat pelindung dadanya dan nyaris membahayakan rider lain dan dirinya sendiri sebelum terlihat telanjang dada saat mencapai garis finish.

Aksi Nyeleneh Balapan Buka Baju Quartararo Tuai Kritikan
Fabio Quartararo buka baju usai balapan

Akibatnya Fabio Quartararo mendapatkan hukuman tambahan waktu selama tiga detik yang membuat ia gagal mengalamkan podium ketiga dan finis ke posisi keenam.

Menurut kabar yang beredar dari The Race, insiden itu terjadi karena resleting baju balap rider Monster Energy Yamaha itu tak tertutup dengan rapat.

Hal ini pun menyebabkan angin masuk ke dalam baju balap dan membuka resletingnya, dan membuat pelindung dada yang ada di dalamnya tergeser dari tempat semula dan membuat Quartararo merasa tak nyaman.

Alhasil Quartararo akhirnya mencoba membuka baju balapnya dan memutuskan untuk membuat pelindung dada saat masih membalap di atas lintasan.

Tuai Kritik Pedas
Tindakan Fabio Quartararo yang membuka resleting baju balap dan membuang pelindung dadanya saat masih membalap di MotoGP Catalunya 2021 pun langsung menuai kritik pedas dari sejumlah pihak.

Pasalnya, tindakan Quartararo dianggap berbahaya untuk rider lain karena pelindung dada yang dibuangnya. Serta seharusnya ia mendapatkan black flag saat melepas pelindung dada yang merupakan hal yang sangat vital.

Tanpa menggunakan pelindung dada serta melaju dalam kecepatan kencang membuat Quartararo bisa dalam keadaan berbahaya dan mengancam nyawanya, apalagi mengingat pada pekan lalu dunia motorsport baru saja kehilangan sosok Jason Dupasquier yang mengalami kecelakaan di Moto3 Italia.

Namun nyatanya Fabio Quartararo hanya mendapatkan hukuman ringan berupa pengurangan tiga detik dan tiga poin saja dari pihak race direction.(idc)

Berita Terkait