oleh

Akhyar Tinjau Posyandu di Pekan Labuhan

JELAJAHNEWS.ID,MEDAN – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau Pos Pelayanan Terladu (Posyandu) Lestari IV di Jalan Kol Yos Sudarso, Lingkungan 19, Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan, Senin (2/3). Tujuannya, guna mengetahui kondisi dan faslititas posyandu serta pelayanan yang diberikan aparatur kepada masyarakat.

Akhyar hadir didampingi Plt Ketua TP PKK Kota Medan Ny Hj Nurul Khairani Akhyar, sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemko Medan, camat Medan Labuhan Rudi Asriandi beserta jajaran . Selain meninjau posyandu, Akhyar juga meninjau ruangan kelas PAUD dan pondok baca yang jaraknya berdekatan dengan posyandu.

Tiba di lokasi, Akhyar pertama kali meninjau pondok baca yang berada di belakang rumah warga. Melihat kondisinya yang dinilai kurang representatif, Akhyar menginstruksikan Dinas Kebersihan, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman & Penataan Ruang (DKPPPR),Dinas  Pendidikan berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan, untuk memperbaiki pondok baca yang didirikan di atas tanah tersebut.

Pasalnya, pondok baca yang diapit  rumah warga tersebut, dinilai Akhyar kurang nyaman untuk digunakan sehingga dinilai perlu untuk dilakukan perbaikan dan penataan ulang. Hal pertama yang diinstruksikan Akhyar adalah memperbaiki atap pondok yang terbuat dari tepas bambu. Lalu memasang karpet alas tempat duduk di pondok baca.

“Kasihan anak-anak kita kalau kondisinya seperti  ini. Maka segera kita lakukan pembenahan. Kemudian pasang paving block agar tidak becek saat hujan turun. Setelah itu, pintu belakang rumah warga ini, diganti saja dengan yang lebih baik. Tapi sebelum itu sampaikan dulu dan izin kepada pemilik rumah,” kata Akhyar.

Selanjutnya, agar lebih memberi rasa nyaman dan semangat para siswa, pembatas belakang antar pondok dan area rumah warga juga akan ditembok. Selain itu, Akhyar minta agar dibuat mural sehingga suasana lebih hidup dan berwarna. “Jika kondisinya lebih baik, maka anak-anak kita pasti akan semangat untuk belajar dan membaca,” ungkapnya.

Akhyar didampingi Plt Ketua TP PKK, selanjutnya masuk ke dalam ruangan kelas PAUD. Di sini, Akhyar juga meminta untuk menata ulang ruangan agar lebih nyaman digunakan dengan melengkapi fasilitas yang dibutuhkan. Dengan begitu, proses belajar mengajar dapat berjalan lancar dan lebih efektif.

Setelah itu, Akhyar menyapa petugas di posyandu dan menanyakan kebutuhan serta kendala yang dijumpai untuk segera ditindaklanjuti. Kepada Dinas Kesehatan Kota Medan, Akhyar berpesan untuk mensupport kembali segala kebutuhan yang diperlukan posyandu yang lokasinya menggunakan teras rumah warga.

Akhyar mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah bersedia memberi tempat untuk kegiatan posyandu. Sebagai ucapan terima kasih itu, Akhyar pun kembali menginstruksikan agar OPD terkait membenahi atap rumah warga yang mulai rusak sehingga tidak membahayakan saat dilakukan posyandu. Lalu, minta agar menambah lampu penerangan di sepanjang gang.

Di tengah tinjauannya, Akhyar juga tidak lupa mengecek kondisi parit rumah warga. Kepada lurah dan kepling, Akhyar minta untuk rutin menggelar kegiatan gotong royong guna menghindari wabah penyakit seperti demam berdarah yang dapat menjangkit warga sekitar.

Usai meninjau, Akhyar mengungkapkan seluruh OPD terkait siap untuk melakukan pembenahan di posyandu, PAUD dan pondok baca tersebut. Lewat tinjauan ini juga, Akhyar ingin melihat langsung kondisi dan kesiapan aparatur wilayah dalam melayani masyarakat.

“Alhamdulillah, insya Allah kita siap untuk melakukan pembenahan. Kami berharap, para warga dan anak-anak kita dapat lebih merasa nyaman dan semangat dalam melakukan aktifitas sehari-hari mereka. Apalagi,pondok baca yang nantinya diperbaiki bertujuan untuk meningkatkan minat baca para murid yang berimplikasi pada kecerdasan mereka,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Akhyar berharap masyarakat sekita dapat mendukung dan menjaga fasilitas yang ada salah satunya dengan mewujudkan kenyamanan dan kebersihan lingkungan. “Semoga  masyarakat semakin menyadari pentinganya menjaga dan menaikkan derajat kesehatan lewat kebersihan,” harapnya.

Sebelum meninjau, Akhyar juga menyapa kaum ibu yang tengah berbelanja di warung yang berdekatan dengan lokasi posyandu. Kehadiran mantan anggota DPRD Medan tersebut disambut hangat dan gembira para warga. Momentum tersebut pun tidak lupa digunakan Akhyar untuk menyampaikan dan berpesan kepada para ibu untuk menjaga kebersihan lingkungan guna mewujudkan program Yok Bikin Cantik Medan.(RRL) 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •