Akhyar Resmikan Sarana Air Bersih dan Sanitasi di SD Swasta Yabes Medan Deli

JELAJAHNEWS.ID,MEDAN – Pelaksanan tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi meresmikan sarana air bersih dan sanitasi di Komplek SD Swasta Yabes, Lingkungan 19, Kelurahan Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, Kamis (20/2). Adapun sarana air bersih dan sanitasi tersebut merupakan bantuan pemberian dari Tanoto Foundation.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Akhyar didampingi Dewan Pembina Tanoto Foundation Hermanto Tanoto dan Program Manager Tanoto Foundation Toni Victor, Plt Kadis Pendidikan Masrul Badri beserta sejumlah pengurus Tanoto Foundation Kota Medan. Selain sarana air bersih dan sanitasi, sejumlah furniture pendukung proses belajar mengajar juga turut diberikan untuk sekolah tersebut.

Mengawali sambutannya, Akhyar mengucapkan terima kasih kepada Tanoto Foundation atas bantuan yang diberikan. Diakui Akhyar, bantuan tersebut sangat membantu sekolah dalam mendukung proses belajar mengajar sehingga semakin nyaman dan lancar. Apalagi, air bersih yang ada, dapat digunakan untuk keperluan aktifitas sehari-hari warga di lingkungan 19.

“Atas nama Pemko Medan kami mengucapkan terima kasih kepada Tanoto Foundation atas bantuannya. Tidak hanya sanitasi, tapi juga fasilitas pendukung lainnya turut menjadi perhatian. Ini luar biasa, sebab kami (pemerintah) menyadari bahwa setiap sendi-sendi kehidupan masyarakat butuh dukungan dari berbagai elemen untuk disikapi bersama,” kata Akhyar.

Di hadapan para warga umumnya kaum ibu, Akhyar berpesan agar bantuan yang diberikan dapat dirawat dan dijaga sehingga bisa terus digunakan. “Kami harap, pemberian ini dijaga dengan sebaik-baiknya. Di samping itu, mari kita buat cantik Medan dengan menjaga kebersihan lingkungan,” ajak Akhyar seraya mengungkapkan bahwa kawasan tersebut menjadi tempat bermainnya semasa kecil dulu.

Usai meresmikan, Akhyar kemudian melihat sarana sanitasi yang disediakan untuk melihat dan mengecek kondisi air yang akan digunakan. Selanjutnya, meninjau taman bacaan yang dibuat Tanoto Foundation beserta ratusan buku yang dihadirkan guna menarik minat baca para siswa.

Sementara itu, Dewan Pembina Tanoto Foundation Hermanto Tanoto didampingi Program Manager Tanoto Foundation Toni Victor mengungkapkan bahwa bantuan tersebut menjadi bentuk kolaborasi Tanoto Foundation dengan Pemko Medan. Apalagi pihaknya mengungkapkan akan terus berkoordinasi dengan Pemko Medan untuk berkontribusi dalam berbagai bidang yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Ini menjadi program kita yakni berbasis masyarakat. Apalagi kami melihat banyak yang dibutuhkan pihak sekolah. Untuk pengerjaannya kita sudah mulai Desember 2019 dan selesai di Januari. Meskipun baru diresmikan, tapi sebelumnya masyarakat sudah menggunakan air bersih tersebut. Ke depan kita akan terus berkoordinasi dengan Pemko Medan untuk melakukan program yang telah dipersiapkan di tahun ini,” ungkap Hermanto.

Kehadiran mantan anggota DPRD Medan tersebut disambut antusias para siswa dan warga. Saat hendak menuju lokasi acara, Akhyar juga menyapa  para warga yang rumahnya berdekatan dengan sekolah. Keakraban begitu terasa ketika Akhyar berbincang dengan mereka. (RRL)