Akhyar Pastikan Harga dan Stock Kebutuhan Pokok di Pasar Medan Stabil

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau sejumlah pasar yang ada di Kota Medan, Jumat (20/12). Peninjauan pasar ini dilakukan guna memantau ketersediaan bahan pangan pokok dalam menyambut perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Plt Wali Kota bersama Kadis Ketahanan Pangan Kota Medan Emilia Lubis, Kadis Perdagangan Kota Medan Damikrot, Plt Kadis Perindustrian Kota Medan Parlindungan Nasution, Dirut PD Pasar Rusdi Sinuraya, Plt Kadis PU Zulfansyah, PD Rumah Potong Hewan, Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan, Kabag Perekonomian Nasib , Kabag Humas Arrahman Pane, Camat Medan Helvetia Andi Mario Siregar dan Camat Medan Marelan Muhammad Yunus mengecek harga kebutuhan pokok sekaligus mengecek kondisi pasar. Adapun pasar yang dikunjungi Plt Wali Kota yakni Pasar Sei Sikambing dan Pasar Marelan.

Pertama, Akhyar berserta rombongan mengunjungi Pasar Sei Sikambing. Saat memasuki pasar tersebut, Akhyar agak sedikit kecewa melihat kondisi Pasar Sei Sikambing. Pertama kali Akhyar langsung menuju ke lokasi TPS (tempat pembuangan sampah), kemudian Akhyar mengecek kondisi dalam pasar.

“Stock bahan pangan masih tersedia, harga juga relatif stabil hanya satu atau dua bahan pokok saja yang mengalami kenaikan harga dan itu masih dalam batas wajar. Belanjalah sesuai dengan kebutuhan dan jadilah pembeli yang cerdas,” ungkap Akhyar.

Kemudian Akhyar juga berkomunikasi kepada para pedagang terkait masalah kebersihan dan kelancaran para pedagang dalam melakukan kegiatan jual beli. Akhyar langsung menyahuti keluhan pedagang terkait sepinya konsumen yang datang.

Akhyar juga meminta kepada PD Pasar agar lebih memperhatikan kondisi pasar apalagi terkait ventilasi udara yang minim sehingga membuat kurang nyamannya masyarakat yang hendak berbelanja dikarenakan saat berada di dalam sedikit pengap.

“Pasar kita juga harus cantik harus dirawat dengan sebaik-baiknya sehingga masyarakat beramai-ramai datang berbelanja karna nyaman berada di pasar ini. Disamping itu juga fenomena online sedang meranjak naik maka dari itu harus punya kreasi baru sehingga dapat mengundang para konsumen untuk datang,” tegas Akhyar.

Selanjutnya, Akhyar beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Pasar Marelan. Saat tiba di Pasar Marelan, Akhyar mendengarkan keluhan dari para pedagang yang tidak mendapatkan kios seperti pedagang lainnya.

“Terkait kios akan kami cek kembali, para pedagang yang telah terdaftar tidak usah khawatir sebab pedagang yang telah terdaftar pasti sudah memilikk kiosnya sendiri. Saya juga minta kerja samanya agar para pedagang mau diletakkan di lantai atas sehingga tidak lagi ada pedagang yang berjualan di badan jalan,” jelas Akhyar.

Dari hasil peninjauan yang dilakukan diketahui harga dari bahan pokok masih relatif stabil diantaranya harga cabe merah bekisar Rp 36.000/kg, cabe rawit Rp 28.000/kg, tempe Rp 5000/papan, ayam Rp 33.000 – Rp 34.000, daging sapi Rp 110.000, dan minyak curah Rp 12.000. Selain itu telur eropa sebelumnya berkisar Rp 1.300/butir menjadi Rp 1.500/butir.(Red/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *