Akhyar Minta Penumpang Masuk Pelabuhan Diperketat

MEDAN -Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, melakukan langkah antisipatif guna mencegah penyebaran virus corona di Kota Medan. Senin (23/3/2020),  Akhyar bersama unsur Forkopimda Kota Medan meninjau Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan Jalan Stasiun Belawan.

Dalam peninjauan tersebut, Akhyar minta kepada pihak pengelola terminal agar melakukan pemeriksaan secara ketat setiap penumpang  yang baru datang dari luar Kota Medan tersebut.

Langkah ini dilakukan Akhyar karena Terminal Penumpang Bandar Deli merupakan salah pintu masuk Kota Medan.  Begitu mendapati ada penumpang yang dicurigai terpapar virus corona, pihak terminal langsung melakukan screening awal di rumah sakit terdekat, sekaligus melakukan tindakan yang lebih jauh lagi.

Setibanya di Terminal Penumpang Bandar Deli, Akhyar bersama Wakapolrestabes Medan AKBP Irsan Sinuhaji, Dandim 0201/BS Kol Inf Roy J Hansen Sinaga, Kajari Medan Dwi Setyo Budi Utomo SH MH, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan Sutio Jumagi Akhirno SH MHum, Danyon Marhanlan I Belawan Mayor Marinir Farick M Tr Opsla, Dandenpom 1/5 Letkol CPM Anggun Hendryantoro, serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan langsung disambut pihak Pelindo I Medan selaku pengelola pelabuhan, Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP)  serta Kesyahbandaran Utama Belawan

Akhyar selanjutnya mempertanyakan prosedur yang telah diterapkan dalam upaya mencegah masuknya virus corona melalui Pelabuhan Belawan. Prosedur pencegahan telah dilakukan dengan baik, termasuk penerapan social distancing (jarak kontak social) antar penumpang, penyediaan hand sanitizer serta thermo gun untuk mengecek suhu tubuh para penumpang.

Dari penjelasan yang diberikan terkait alur masuk penumpang, Akhyar menilai perlu dilakukan perbaikan procedural, terutama kepada pihak KKP agar langsung melakukan screnning awal jika mendapati ada penumpang yang suhu tubuhnya 37,5 ° C. “Lakukan screnning awal di rumah sakit terdekat dengan Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan. Selama ini prosedur yang dilakukan hanya mencatat suhu tubuh penumpang yang bersangkutan saja,” kata Akhyar.

Oleh karenanya Akhyar minta kepada Dinas Kesehatan Kota Medan agar mengusulkan kepada KKP untuk memperbaiki prosedur alur masuk penumpang ke pelabuhan dengan pihak KKP. Dengan demikian penumpang yang baru datang dari luar kota dapat terdeteksi, guna mencegah penyebaran  virus coruna.

Selanjutnya, Akhyar bersama unsur Forkopimda kemudian mengecek seluruh Terminal Penumpang Bandar Deli, baik ruang tunggu penumpang hingga lokasi kapal bersandar. Selanjutnya Akhyar pun berharap agar jumlah hand sanitizer dan wastafel untuk cuci tangan ditambah guna mempermudah penumpang membersihkan tangan yang dinilai ini rentan menularkan virus corona.

Usai peninjauan, Akhyar kembali mengingatkan warga untuk mewaspadai virus corona. “Jangan lupa terus jaga diri  dan jangan banyak ke luar rumah. Apabila tidak  ada hal yang penting dan sangat mendesak, saya imbau agar tidak  keluar rumah. Sebab, penyebaran virus corona ini melalui sentuhan antar manusia,” pesannya. (RRL)