oleh

Akhyar : Ikatan Alumni Bukan Hanya Wadah untuk Bernostalgia

JELAJAHNEWS.ID,MEDAN – Membentuk ikatan alumni merupakan salah satu cara yang kerap ditempuh untuk dapat terus menjalin silaturahmi antar mereka yang pernah belajar dalam satu almamater yang sama. Selain untuk menjalin silaturahmi, ikatan alumni juga dapat menjadi sarana untuk secara bersama-sama maju menjadi manusia yang lebih baik.

Demikian disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi saat menghadiri kegiatan Pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Diponegoro (Undip) Sumatera Utara periode 2019-2024 di Lotus Room Hotel Arya Duta, Sabtu (7/3).

“Dengan hadirnya IKA Undip ini, kita harus mampu membangun kembali kekuatan silaturahmi yang pernah rusak, membina kembali rasa toleransi, memaafkan yang telah berlalu, untuk membangun masa depan yang lebih cerah terutama untuk kampus yang telah membentuk kita menjadi seperti saat ini dan untuk Sumut yang telah menjadi rumah kita saat ini,” kata Akhyar.

Apalagi, jelas Akhyar, kini IKA Undip telah memiliki alumni yang tersebar ke seantero negeri, sehingga memudahkan untuk saling berkoordinasi dan berintegrasi guna sama-sama meraih kemajuan di masa mendatang. Disamping itu, Undip juga menyandang nama besar Pangeran Diponegoro, sang pahlawan nasional yang mashyur dengan keberanian dan ketegasannya dalam menentang penjajahan di tanah air.

“Semangat seorang Pangeran Diponegoro ini harus mampu menjadi pegangan bagi setiap alumni undip untuk terus berjuang membangun bangsa dan negara Indonesia di mana pun mereka berada dan apa pun profesi mereka,” ungkap Akhyar.

Pada momentum pelantikan sekaligus perkenalan DPD IKA Undip Sumatera Utara periode tahun 2019-2024 ini, Akhyar mengajak seluruh alumni dan pengurus agar saling memperkuat ikatan alumni Undip Sumatera Utara dan daerah lainnya di tanah air.

“Organisasi ini harus kita jadikan momentum memperkuat silaturahim dan merajut ukhuwah untuk membina, mempererat dan memperkuat rajutan tenun persatuan dan kesatuan antar seluruh lini masyarakat Indonesia yang tergabung dalam IKA Undip,” ucap Akhyar.

Sementara itu Ketua DPD IKA Undip Sumatera Utara yang baru yakni Benny Iskandar ST MT mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya dan amanahnya untuk meneruskan jejak langkah dari Ketua DPD Ika Undip Sumut Ir Iskandar Sembiring MM yang sebelumnya serta Ketua Umum DPP IKA Undip Drs Maryono SE MM.

“Kami juga ingin berbagi informasi bahwa Undip ada di Sumarera Utara dan mahasiswa Undip yang terbesar dari pulau Jawa adalah Sumatera Utara. Setiap tahunnya ada sekitar 300 sampai 400 anak-anak Sumatera Utara yang diterima di Undip. Disamping itu, kami juga membuat ujian mandiri agar anak-anak Sumateta Utara memiliki kesempatan lebih untuk masuk ke Undip,” kata Benny.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Umum DPP IKA Undip Drs Maryono SE MM, Wakil Ketua Umum DPP IKA Undip Drs Mangara Pardede MSi, Sekjen DPP IKA Undip Drs Desmon Hastiono SE MM, Ketua Dewan Penasehat DPD IKA Undip Sumut Ir Iskandar Sembiring, Ketua Panitia Dr Azizul Kholis MSi, para alumni dan pengurus IKA Undip.(RRL)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •