Akhyar Dukung GPA Sumut Gelar Tabligh Akbar

JELAJAHNEWS.ID,MEDAN – Pelaksana  tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menerima kunjungan pengurus  Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Sumut di Balai Kota Medan. Kedatangan mereka terkait untuk minta izin pemakaian Lapangan Merdeka,Senin (17/2/2020).

“Selain menyambut Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW, Tabligh Akbar juga kita gelar dalam rangka menyemarakkan HUT ke-79 GPA sekaligus menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1441 H,” kata Ketua GPA Sumut Zulham Effendi Siregar didampingi H Palacheta Subies Subianto  BA MSc selaku Ketua Panitia Tabligh Akbar.

Terkait Tabligh Akbar yang dilakukan, Zulham juga mengharapkan  dukungan petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan agar menertibkan parkir. Dia khawatir petugas parkir liar akan bermunculan untuk memanfaatkan momen tersebut, guna  meraup keuntungan dengan menetapkan tarif  parkir sesukanya.

“Apabila petugas parkir tidak ditertibkan, kita khawatir warga yang akan menghadiri Tabligh Akbar akan resah dengan tarif parkir yang ditetapkan sesukanya. Tidak tertutup kemungkin warga yang berniat menghadiri Tabligh Akbar batal akibat tingginya tarif parkir yang ditetapkan. Untuk itu kami berharap agar Dishub dapat menertibkannya,” kata Zulham.

Selanjutnya Zulham menjelaskan, Tabligh Akbar akbar akan dimulai sekitar pukul 18.00 WIB. Sebelumnya akan diawali dengan Shalat Maghrib dan Isya  berjamaah dan panitia juga akan menyediakan makanan gratis, seperti sate, bakso dan  lontong.  Zulham juga berpesan agar seluruh jamaah yang hadir dapat menjaga kebersihan selama Tabligh Akbar berlangsung hingga berakhir.

“Untuk minum, kita minta jamaah hanya membawa tumbler, sebab kita akan menyediakan air minum. Agar kebersihan Lapangan Merdeka tetap terjaga, kita minta seluruh jamaah membawa tempat untuk sampah. Setelah acara berakhir, buanglah sampah tersebut di tempat-tempat yang telah disediakan,” ungkapnya.

Selain Tabligh Akbar, Zulham menjelaskan, mereka juga akan menggelar donor darah  bekerjasama dengan PMI serta pemeriksaan kesehatan gratis. Oleh karenanya Zulham mengajak seluruh umat Muslim Kota Medan untuk beramai-ramai menghadiri Tabligh Akbar, guna mendengarkan tausiah dari Al Ustadz Abdul Somad. “Tidak hanya seluruh umat Muslim Kota Medan, kami juga sangat mengharapkan agar Bapak Plt Wali Kota dapat menghadiri Tabligh Akbar,” harapnya.

Di dampingi Sekretaris Dispora Kota Medan Azzam Nasution dan Kabag Agama Setdako Medan Adlan, Akhyar menyambut baik dan mendukung digelarnya Tabligh Akbar tersebut. Mantan anggota DPRD Medan itu selanjutnya mengizinkan GPA Sumut menggunakan Lapangan merdeka untuk tempat Tabligh Akbar.

“Silahkan pergunakan Lapangan Merdeka untuk Tabligh Akbar. Selain menjaga kebersihan selama kegiatan berlangsung hingga berakhir, tolong jangan ada kendaraan bermotor yang memasuki Lapangan Merdeka, terutama lapangan karena dapat mematikan  rumput. Mari kita jaga kebersihan Lapangan Merdeka, termasuk rumputnya,” kata Akhyar.

Dikesempatan itu Akhyar juga mengharapkan dukungan GPA Sumut, sehingga seluruh program pembangunan yang dijalankan Pemko Medan dapat berjalan dengan lancar. Termasuk, dukungan terkait rencana Pemko Medan akan menjadikan kawasan Kesawan seperti Malioboro di Jogyakarta. Kemudian melakukan renovasi pendopo Lapangan Merdeka serta gedung Warenhuis di Jalan Hindu Medan.(RRL)