Akhyar Cek Kesiapan Lokasi MTQ

JELAJAHNEWS.ID,MEDAN – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau lokasi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-53 Tingkat Kota Medan Tahun 2020 di Jalan Ngumban Surbakti, Kelurahan Sempakata, Kecamatan Medan Selayang, Jumat (7/2). Peninjauan dilakukan untuk melihat sejauh mana persiapan yang telah dilakukan, sebab pembukaan festival pemuliaan Al Qur’an tinggal menyisakan waktu sepekan lagi.

Peninjauan dilakukan Akhyar usai melaksanakan Safari Jumat didampingi Asisten Pemerintahan Setdako Medan Musadad Nasution, Plt Kadis Pekerjaaan Umum Kota Medan Zulfansyah, Kadis P2K Albon Sidauruk, Kadis KB dan Permberdayaan Perempuan dan Anak Usma Polita,  Kadis Kebersihan dan Pertaman HM Husni, Kabag Humas Arrahman Pane, Kabag Tapem Ridho Nasution serta Camat Medan Selayang Sutan Tolang Lubis.

Saat tiba di lokasi, Akhyar melihat puluhan pekerja tengah bekerja untuk menyiapkan seluruh sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan MTQ. Selain tenda utama tempat para qori dan qoriah bertanding, tenda VIP  juga telah berdiri, termasuk tenda  puluhan stand. Di samping itu sejumlah tiang beserta lampu jalan juga sudah didirikan untuk menerangi seluruh lokasi MTQ. Akhyar tampak puas, persiapan yang dilakukan telah rampung 60 persen.

“Alhamdulillah, persiapan yang dilakukan telah sesuai dengan rencana. Kita berharap satu hari sebelum pembukaan, persiapan rampung keseluruhannya. Kita berharap MTQ tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu saya minta agar persiapan dilakukan dengan sebaik-baiknya,” kata Akhyar.

Mantan anggota DPRD Medan itu selanjutnya melihat sketsa denah lokasi MTQ, guna memastikan seluruh yang didirikan di atas lahan kosong itu telah sesuai dengan desain. Setelah itu Akhyar mengecek lokasi yang akan dijadikan tempat parkir, stand serta panggung utama sekaligus tempat mimbar tilawah untuk tempat para qori dan qoriah melantunkan ayat-ayat suci Al Qur’an. Kemudian Plt Wali Kota meminta agar pengerjaan dilakukan dengan sebaik-baiknya sehingga seluruh kafilah maupun warga yang datang akan merasa tenang dan nyaman selama sepekan MTQ berlangsung.

Akhyar kemudian memberikan sejumlah arahan kepada Plt Kadis Pekerjaan Umum, Kabag Agama serta Camat Medan Selayang, termasuk mengantisipasi lahan becek apabila hujan turun. Akhyar tidak mau ketenangan dan kenyamanan pengunjung terganggu akibat kondisi tersebut. Salah satunya dengan membuat saluran air yang terhubung dengan drainase maupun parit di sekitar lokasi.

 “Pastikan lokasi ini tidak becek dan berair saat hujan turun meski lokasi telah dilakukan pengerasan. Mari kita buat seluruh pengunjung merasa nyaman menyaksikan MTQ mulai pembukaan hingga malam penutupan,” ungkapnya.

Di kesempatan itu Akhyar juga mengajak warga sekitar lokasi untuk mendukung pelaksanaan MTQ, terutama dengan menjaga kebersihan. Sebab, tanpa dukungan penuh masyarakat sekitar, petugas kebersihan tidak akan mampu menjadikan sekitar lokasi MTQ bersih sampah. Di samping itu Akhyar pun minta agar Dinas Kebersihan dan Pertamanan menyediakan tempat sampat di sejumlah titik sehingga guna memudahkan para pengunjung untuk membuang sampah.(RRL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *