Akhyar Canangkan Lapangan Merdeka  Kawasan Bebas Sampah dan Rokok

JELAJAHNEWS.ID,MEDAN – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi senam bersama seribuan warga di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (9/2) pagi. Ini menjadi rangkaian kegiatan dalam car free day (CFD) pertama di tahun 2020.  Sejak pukul 06.00 WIB, warga tampak telah memadati area lapangan bersejarah tersebut.

Kehadiran Plt Wali Kota turut didampingi Plt Ketua TP PKK Kota Medan Ny Hj Nurul Khairani Akhyar Nasution. Selain itu, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Medan Ny Ismiralda Wirya Alrahman, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan juga ikut dalam senam bersama. 

Kecerian tampak dari wajah Plt Wali Kota yang dapat senam bersama dengan para warga. Hal ini dimaksudkan agar Plt Wali Kota dapat bersilaturahmi dan bertatap muka langsung serta menjadi wujud bahwa tidak ada jarak antara permerintah dengan masyarakat. Dengan harapan, bersama-sama membangun dan membawa Kota Medan ke arah yang lebih baik.

Selain senam bersama, Plt Wali Kota juga sekaligus meresmikan lorong taman bunga yang berada tepat di jalan menuju Pendopo Lapangan Merdeka Medan. Lorong taman bunga ini merupakan inisiasi dari Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Ilmu Kepamongprajaan (IKAPTK) Kota Medan. 

Adapun makna dari lorong taman bunga yang berbentuk hati ini menggambarkan kebersamaan keluarga besar IKAPTK Kota Medan dalam berpartisipasi dan berkontribusi membangun Kota Medan. Apalagi, lorong taman bunga tersebut berisi dari berbagi jenis bunga yang melambangkan Kota Medan sebagai kota multikultural yang humanis, berdaya saing, sejahtera dan religius.

Disamping itu, lambang hati yang terbentuk mencerminkan kecintaan akan Kota Medan serta mengajak dan mengedukasi warga untuk ikut mencintai, menjaga dan merawat Kota Medan sebagai upaya mendukung program Pemko Medan yang saat ini tengah gencar digalakkan Plt Wali Kota yakni ‘Yok Bikin Cantik Medan’.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan pelepasan balon serta penanaman bibit pohon oleh Plt Wali Kota bersama Plt Ketua TP PKK Kota Medan. Di kesempatan ini juga, Plt Wali Kota mendeklarasikan ‘Yok Bikin Cantik Medan’ dimulai dari Lapangan Merdeka sebagai titik nol Kota Medan, yang dicanangkan sebagai lokasi pertama Kawasan Bebas Sampah dan Bebas Rokok sesuai Perda Kota Medan No 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan. 

“Hari ini kami mengajak seluruh warga untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan serta mewadahi sampahnya masing-masing agar tidak berserakan.  Sebab, kebersihan bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah bersama unsur Forkopimda, tapi menjadi tanggungjawab kita semua,” kata Wali Kota dihadapan seribuan warga yang hadir.

Sesuai dengan program Pemko Medan ‘Yok Bikin Cantik Medan’ yang terus gencar disosialisasikan ke masyarakat, akan dimulai dari kawasan Lapangan Merdeka. Apalagi, ungkap Plt Wali Kota, direncanakan bulan April mendatang Pendopo Lapangan Merdeka akan mulai direnovasi untuk memberi sentuhan dan wajah baru lapangan yang berada di tengah Kota Medan tersebut.

“Bikin cantik Kota Medan bukan hanya sekedar wacana tapi juga aksi nyata yang akan dilakukan. Salah satunya yakni merenovasi Pendopo Lapangan Merdeka sehingga masyarakat semakin nyaman menggunakannya untuk berbagai aktifitas positif. Maka dari itu, mulai hari ini jangan takut untuk menegur orang lain yang kedapatan membuang sampah sembarangan. Medan ini rumah kita bersama, maka kita jaga bersama. Yok Bikin Cantik Medan, Bersama Kita Bisa,” jelasnya.

Terkait lorong taman bunga yang kini menambah nuansa baru serta menjadi spot foto bagi warga di Lapangan Merdeka, Plt Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada IKAPTK Kota Medan. “Semoga semangat berkontribusi dan melakukan yang terbaik untuk Kota Medan dapat menular ke seluruh masyarakat apalagi tujuannya untuk bikin cantik Medan,” ungkapnya diikuti rasa bahagia.

Usai mengikuti seluruh rangkaian acara, Plt Wali Kota selanjutnya meninjau kegiatan aksi bakti sosial IKAPTK yakni donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis. Selanjutnya, Plt Wali Kota juga mengunjungi stand yang ikut dalam kegiatan tersebut. Sebelum meninggalkan lokasi acara, Plt Wali Kota juga diminta untuk mengambil kupon lucky draw yang berhadiahkan berbagai bingkisan menarik. Terakhir, mantan anggota DPRD Medan itu tampak memenuhi permintaan warga untuk berfoto bersama dengannya.(RRL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *