Akhyar Berharap Generasi Muda Berikan Sentuhan Kreatif & Inovatif

JELAJAHNEWS.ID,MEDAN – Keberadaan generasi muda kreatif di Kota Medan menjadi salah satu faktor dan mesin penggerak menjadikan Kota Medan lebih maju dan dinamis. Oleh sebab itu, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi berharap, generasi muda dapat memberikan sumbangsih terbaiknya untuk ibukota Provinsi Sumut lewat kreasi dan inovasi yang dimiliki.

Harapan tersebut disampaikan Plt Wali Kota ketika  menghadiri acara Lomba Desain Taman Hutan Kota di Taman Cadika Pramuka, Jalan Karya Wisata, Kecamatan Medan Johor, Selasa (11/2). Di hadapan puluhan peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai universitas di Kota Medan ini, Plt Wali Kota mengungkapkan bahwa ke depan masa depan berada di tangan orang-orang yang kreatif dan inovatif.

“Tantangan dan persaingan ke depan semakin besar termasuk tantangan untuk memajukan Kota Medan ke arah yang lebih baik. Dibutuhkan sumbangsih tenaga, ide, gagasan dan pikiran dari semua kalangan termasuk generasi muda yang nantinya akan melanjutkan pembangunan kota. Sebab, hal baik yang hari ini dilakukan, kelak hasilnya akan dirasakan oleh kalian,” kata Plt Wali Kota.

Dalam lomba yang digelar Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan & Pertamanan (DKP) Kota Medan ini, Plt Wali Kota selanjutnya mengungkapkan nantinya hasil desain taman kota ini akan menjadi sebuah rujukan dan masukan bagi Pemko Medan untuk membenahi taman di Kota Medan sehingga lebih menarik, indah, bersih, cantik dan asri.

“Nantinya, hasil karya tersebut akan kita diskusikan bersama OPD terkait untuk dikolaborasikan dengan program Pemko Medan yang saat ini terus kita gelorakan yakni “Yok Bikin Cantik Medan”. Maka dari itu, ayo keluarkan ide-ide terbaik, kota ini butuh sentuhan dari kalian sebagai generasi muda yang kreatif,” ungkapnya.

Selanjutnya, didampingi Kadis DKP HM Husni, Kadis Lingkungan Hidup Syarif Armansyah Lubis dan Kadis Pariwisata Agus Suriono dan Kabag Humas Arrahman Pane, Plt Wali Kota juga tidak lupa berpesan untuk lebih proaktif untuk menegur warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan. Hal ini juga berlaku bagi seluruh jajaran di tingkat kecamatan hingga lingkungan, agar concern memperhatikan kebersihan wilayahnya.

 “Merubah mindset dan perilaku warga masih menjadi tugas kita bersama. Fasilitas yang kita miliki tidak ada arti tanpa adanya kesadaran dari kita untuk menjaga dan merawatnya. Sejatinya, Kota Medan ini tidak kalah dari kota-kota besar lainnya di Indonesia, hanya saja tingkat kepedulian masyarakatnya yang harus terus kita dorong. Mari lakukan yang terbaik, bersama kita bisa,” serunya.

Sementara itu, Kadis DKP HM Husni mengaku perlombaan ini menjadi wujud untuk mendukung program “Yok Bikin Cantik Medan”. Dengan demikian nantinya, hasil desain dan karya yang dihasilkan dapat menjadikan taman dan wajah kota lebih berwarna sehingga semakin memberi rasa nyaman bagi masyarakat.

“Kita berharap nantinya, hasil karya desain ini menjadikan taman kota kita lebih tematik. Tujuannya untuk meningkatkan indeks kebahagian masyarakat serta menjadi wadah bagi generasi muda untuk menyalurkan minat dan bakat serta kemampuan yang mereka miliki. Untuk itu, butuh dukungan dari semua pihak untuk kita kolaborasikan bersama,” ujar Husni. (RRL)