Akhyar Ajak Para Siswa Muallimin #Yokbikincantikmedan

JELAJAHNEWS.ID,MEDAN – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi terus semangat dalam menggelorakan program #yokbikincantikmedan serta mengajak seluruh siswa-siswi Muallimin untuk mendukung dan ikut serta program yang tengah digalakkan Pemko Medan tersebut.

Sebab, #yokbikincantikmedan merupakan sebuah gerakan dan ajakan yang melibatkan partisipasi seluruh masyarakat Kota Medan untuk mempercantik Kota Medan.

Hal tersebut disampaikan Plt Wali Kota Medan saat menghadiri Peduli Lingkungan dalam rangka Hari Peduli Sampah Tahun 2020 di Kompleks Universitas Al-Washliyah, Jumat (21/2).

Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian siswa akan sampah yang selalu menjadi persoalan dan tidak ada henti-hentinya. Bentuk kepedulian tersebut dibuktikan dengan gerakan aksi sosial 1000 siswa Muallimin Peduli Lingkungan sebagaibentuk dukungan terhadap Pemko Medan dalam menggelorakan #yokbikincantikmedan.

Sembari memberikan kata sambutan, Akhyar juga memberi pertanyaan kepada para siswa, terlihat semua siswa antuisias menjawab pertanyaan yang diberikan Plt Wali Kota Medan tersebut, antusias tersebut terlihat para siswa berbondong-bondong untuk ingin menjawab pertanyaan dan mendapatkan hadiah. Tampak tawa canda serta raut bahagia terpancar diwajah Akhyar ataupun siswa-siswi tersebut.

Dihadapan siswa-siswi Muallimin Akhyar mengatakan, salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mendukung program  #yokbikincantikmedan adalah dengan mengurangi penggunaan botol minum sekali pakai dan beralih menggunakan tumbler. Selain itu, juga perlu membuang dan mewadahi sampah, sebab sampah merupakan tanggung jawab setiap individu.

“Sudah seharusnya kita mewarisi alam yang indah buat anak cucu kita dan kita juga harus memulai gerakan ini dari anak-anak, karena dari dini mereka akan terbiasa dalam menjaga kebersihan lingkungan dan membuat Kota Medan semakin bersih kedepannya,” bilang Akhyar.

Menurut Akhyar, masyarakat baik perorangan, lembaga atau kelompok memiliki hak yang sama atas lingkungan hidup yang bersih, nyaman dan sehat.

Setiap orang juga memiliki hak atas informasi lingkungan hidup yang berkaitan dengan peran dan pengelolaan lingkungan hidup. Setiap orang memiliki hak untuk berperan serta dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan, bisa dimulai dari  rumah sendiri, karena itulah saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga yang telah merawat dan memelihara lingkungannya dengan sebaik-baiknya.

Tindakan itu merupakan bagian dalam mendukung komitmen mengatasi perubahan iklim. Jika seluruh warga masyarakat telah turut serta dalam berbagai program pemerintah, maka saya yakin pembangunan akan makin lancar di Kota Medan tercinta,” jelas Akhyar.

Sebagai bagian dari masyarakat Kota Medan, mantan anggota DPRD Medan tersebut menjelaskan kontribusi sekitar seribu siswa madrasah aliyah dan tsanawiyah muallimin Univa Medan ini sangat berarti dalam turut menjaga, memelihara dan mengelola lingkungan hidup.

Apalagi kegiatan ini difokuskan pada proses aksi pungut sampah, kampanye diet plastik, menanam pohon dan workshop pengelolaan sampah sehingga akan sangat berarti untuk menciptakan Kota Medan yang bersih dan asri.

“Setiap pelajar di Kota Medan harus mampu menjadi manusia yang memiliki sikap mental baik dalam melindungi lingkungan serta mampu menjaga lingkungan hidup secara berkesinambungan. Para pelajar juga harus bisa berperan serta secara aktif memerhatikan pembangunan dengan melestarikan lingkungan dan berwawasan lingkungan.

Manfaatkan sosial media untuk mengkampanyekan kegiatan positif seperti menjaga kelestarian lingkungan. Dengan demikian, sosial media akan memberikan manfaat lebih kepada masyarakat,” jelas Akhyar.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Rektor Universitas Alwashliyah Dr H Halfian Lubis SH MA, Kepaa Madrasah Aliyah Muallimin Univa Medan Iryuha Tantawi MA, Kepala Madrasah Tsanawiyah Muallimin Univa Drs Kasran MA, beberapa pimpinan OPD di Lingkungan Pemko Medan, dan Camat Medan Amplas Edi Mulia Matondang.(RRL)