Akhyar Ajak Masyarakat Manfaatkan Rooftop Sebagai RTH

JELAJAHNEWS.ID,MEDAN – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengajak masyarakat untuk memanfaatkan rooftop (atap gedung) atau lahan untuk dijadikan sarana menanam berbagai jenis tanaman pangan. Dengan begitu, artinya masyarakat turut serta ikut andil dalam mendukung ketahanan pangan di Kota Medan.

Hal ini disampaikan Akhyar usai melakukan panen perdana kacang tanah di Kampung Millenium Agro Rooftop Plaza Millenium, Jalan Kapten Muslim Medan, Kamis (17/9). Selain melaksanakan panen raya, Akhyar juga sekaligus melakukan talk show bersama MNC Trijaya di lokasi yang sama.

“Dengan memanfaatkan lahan yang ada, seperti halnya rooftop ini, maka kita turut mendukung terwujudnya ketahanan pangan di Kota Medan. Selain itu juga, sebagai wujud kemandirian masyarakat untuk memenuhi sebagian kebutuhannya sehari-hari,” kata Akhyar.

Atas inisiasi dan inovasi tersebut, Akhyar pun menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pihak pengelola gedung karena telah menjadikan rooftop Plaza Millenium sebagai tempat yang nyaman dan asri layaknya sebuah ruang terbuka hijau (RTH). Apalagi lanjutnya, rooftop dihiasi berbagai tanaman pangan lain seperti umbi-umbian, jagung dan padi.

“Kami mengajak masyarakat Kota Medan agar dapat memanfaatkan rooftop rumah yang dimiliki sebagai RTH pribadi. Sebab, banyak manfaat yang bisa didapat salah satunya mampu mengurangi intensitas banjir di Kota Medan karena saat hujan turun, air tidak langsung ke parit, melainkan tertahan dulu di sini (rooftop),” ungkapnya.

Selain itu, mantan anggota DPRD Medan tersebut menuturkan akan mempertimbangkan adanya diskon pajak bumi dan bangunan (PBB) bagi masyarakat yang menjadikan rooftop sebagai RTH. “Nanti akan kita pertimbangkan untuk warga yang membuat RTH seperti diskon PBB permeter kubiknya. Pola seperti ini akan kita upayakan,” jelasnya seraya mengaku optimis jika target 20% RTH dapat dilewati.(Jai)