oleh

Akhyar Ajak Generasi Muda Peduli Terhadap Lingkungan

JELAJAHNEWS.ID,MEDAN – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi mengajak generasi muda khususnya Agents of PR (Public Relation) Lingkungan, untuk mampu memahami, menegur, menyadari serta mengajak orang disekitar akan pentingnya untuk perduli terhadap lingkungan dimulai dengan tidak membuang sampah sembarangan agar lingkungan terjaga, dari kerusakan yang ditimbulkan manusia

Ajakan tersebut disampaikan Plt Wali Kota saat menghadiri kegiatan Agents of Public Relation (PR) di Taman Sempadan, Jalan Datuk Rubiah, Kelurahan Rengas Pulau, Medan Marelan, Jumat (13/3/2020). Diharapkan pada Agents of PR nantinya dapat menjadi generasi penerus yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan bersih dan asri.

“Memahami akan pentingnya tidak membuang sampah sembarangan, menegur orang-orang yang membuang sampah sembarangan dimulai dari orang terdekat, menyadari akan indahnya lingkungan yang terhindar dari sampah, serta mengajak orang-orang disekitar agar tidak membuang sampah sembarangan yang dimulai dari diri sendiri,” kata Akhyar.

Dalam kesempatan tersebut, Akhyar juga memberikan contoh kepada Agents of PR dan Duta Lingkungan serta masyarakat yang hadir bagaimana menghadapi dan bersikap jika ada orang yang berada disekitar kita membuang sampah sembarangan. Selain itu, Akhyar juga memberikan kesempatan kepada Agents of PR dan Duta Lingkungan Hidup bagaimana tanggapan mereka tentang pentingnya untuk tidak membuang sampah sembarangan dan pentingnya lingkungan yang terbebas dari sampah dan asri.

Dalam kegiatan yang diikuti duta lingkungan hidup dari berbagai sekolah itu, Akhyar memberi motivasi kepada para siswa. Dia menyatakan, yang diperlukan adalah keberanian dalam menyampaikan kebaikan dan kebenaran. “Kita harus berani menyampaikan keluarga kita agar tidak membuang sampah sembarangan. Sampaikanlah dengan santun. Tanamkan pengertian kepada orang-orang bahwa sampah adalah tanggung jawab personal. Ada kewajiban individu membuang sampah pada tempatnya,” ungkap Akhyar.

Dalam acara yang juga dihadiri Kadis Lingkungan Hidup Armansyah Lubis dan Camat Medan Marelan Muhammad Yunus, serta para lurah dan kepala lingkungan di Kecamatan itu, Akhyar memastikan pengetahuan keempat siswa ini tentang lingkungan hidup, termasuk soal peran pohon yang ber-fotosintesa memberikan oksigen kepada manusia. Di samping itu, Akhyar juga mendalami tentang pemahaman para siswa tersebut dalam menjalankan fungsinya sebagai duta maupun juru bicara lingkungan hidup.

Keempat siswa ini berhasil menjawab atau pun memberikan pendapatnya dengan baik. Soal peran yang dapat dilakukan dalam menjaga lingkungan hidup, salah seorang siswa mengatakan, peran itu dapat dimulai dari diri sendiri. “Kita harus menjadi teladan bagi keluarga maupun teman-teman di sekolah. Setelah menjadi teladan, kita juga dapat menegur teman maupun keluarga yang bersikap tidak menjaga lingkungan hidup. Di antaranya kita tegur mereka jika mereka buang sampah tidak pada tempatnya,” ujar salah seorang siswa.

Dalam acara ini yang terselenggara berkat kerjasama antara Pemko Medan dengan Khadijah Saraswati Indonesia ini, Akhyar juga menyalurkan tong sampah sumbangan dari PT BGR dan Cocacola Amatil kepada para lurah di kecamatan Medan Marelan.

Usai menghadiri acara ini, Akhyar juga melakukan peninjauan ke Puskesmas Terjun. Akhyar ingin memastikan agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat berlangsung dengan baik di Puskesmas ini. Dalam peninjauan Puskesmas yang terletak di samping kantor Camat Medan Marelan ini, Akhyar juga berdialog dengan para pasien. Tidak lupa pula Akhyar mengingatkan warga agar tetap menjaga pola hidup yang bersih dan sehat.(RRL)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •