oleh

Akhyar Ajak ASN  Pemko Medan & Masyarakat Sukseskan SP 2020

JELAJAHNEWS.ID,MEDAN – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemko Medan untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dalam mensukseskan Sensus Penduduk (SP) 2020. Sebab, tujuan SP 2020 untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia menurut De Facto dan De Jure.

Selain itu juga, SP 2020 juga untuk menyediakan paeameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk. Dengan demikian, data hasil SP 2020 tidak hanya bermanfaat untuk membuat perencanaan di masa kini tetapi juga mengantasipasi apa yang akan terjadi di masa depan.

Demikian disampaikan Plt Wali Kota ketika menjadi inspektur Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) di halaman depan Kantor Wali Kota Medan, Senin (17/2). Upacara juga dirangkaian dengan launching perdana SP 2020 yang ditandai dengan penekanan tombol oleh Plt Wali Kota didampingi Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Medan Enny Nuryani Nasution.

“Sebagaimana kita ketahui, pada tahun 2020 Indonesia akan melaksanakan kegiatan besar yaitu sensus penduduk. Berdasarkan UU No 16 tahun 1997 tentang Statistik dan Rekomendasi PBB, setiap negara harus menyelenggarakan SP minimal 10 tahun sekali,” kata Akhyar.

Sekaitan itulah, Akhyar menghimbau seluruh ASN untuk mensukseskan SP 2020 dengan cara mengisi SP online mulai mulai 15 Februari-31 Maret 2020. Kepada pimpinan OPD, camat dan lurah agar melakukan monitoring kepada seluruh jajaran untuk melaksanakan SP online.

Sebab nantinya lanjut Akhyar, pengumpulan data SP 2020 akan dilakukan dengan dua metode yakni secara online lewat akses melalui web SENSUS.BPS.GO.ID. Sedangkan bagi masyarakat yang belum mengikuti SP online, maka petugas sensus akan mendatanginya dan melakukan wawancara dengan menggunakan kuesioner di bulan Juli 2020.

“Khusus kepada camat, lurah dan kepling, agar menghimbau masyarakat untuk melakukan SP online atau menerima petugas SP melakukan wawancara pada bulan Juli 2020 mendatang. Semuanya harus ikut serta berperan aktif mensukseskannya,” pesannya mengingatkan.

Selanjutnya jelas Akhyar, sebagaimana amanat Presiden RI Joko Widodo bahwa kunci utama kesuksesan SP adalah partisipasi dari seluruh elemen bangsa untuk mewujudkan suksesnya SP 2020 yang mengusung tema ‘Mencatat Indonesia Menuju Satu Data Kependudukan Untuk Indonesia Maju’. “Ayo kita sukseskan, Sensus Penduduk 2020, Mencatat Indonesia!”, serunya.

Usai memimpin upacara HKN, Akhyar bersama Sekda selanjutnya melakukan pengisian data SP 2020 melalui komputer dipandu petugas BPS Kota Medan. Pengisian data SP 2020 juga diikuti para pegawai di lingkungan kantor sekretariat daerah Kota Medan. (RRL)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •