Akhirnya, Saluran Irigasi Pertanian di Desa Silaen Dibangun

TOBA – Peletakan batu pertama pembangunan saluran irigasi Parbutahan-boru Tomonang dusun ll Silaen Kab Toba dilaksanakan, Rabu (2/9/2020) sekira pukul 10.00 WIB.

Turut hadir, Camat Silaen, Sedi Lumbanraja SE, Danramil Silaen Peltu TNI Harun Jupri, Kepala Desa Silaen, Baringin Silaen, Kapolsek/mewakili P.Silaen, BPD beserta pengurus Desa Silaen.

Kepala Desa (Kades) Silaen, Baringin Silaen, dalam sambutannya mengatakan agar proses pengerjaannya berhasil dengan lancar, dan di kerjakan dengan maksimal agar dampaknya dapat di rasakan para petani.

“Mari kita saling koordinasi, supaya hasilnya dapat di nikmati petani, serta dapat meningkatkan penghasilan di bidang pertanian,” ujar Baringin Silaen.

Tambah Kades, bangunan ini adalah untuk masyarakat desa, dan pembiayaannya berasal dari uang rakyat.

“Marilah kita secara bersama mendukung, dan mengawasi jalannya pekerjaan ini, agar kita sebagai warga tidak saling mencurigai,” tegas Kades.

Sebagai informasi, pembangunan irigasi tersebut pendanaannya bersumber dari Dana Desa (DD) Desa Silaen, tahun anggaran 2020, lokasi dusun ll, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba.

“Dengan anggaran sebesar Rp 145.459.400,dan waktu pelaksanaan pekerjaan di perkirakan selesai 3 bulan ke depan, dan di kerjakan secara swakelola dan padat karya tunai,” ungkap Kades.

Sementara itu, Camat Silaen, Sedi Lumbanraja SE, mengharapkan agar pemilik lahan bersama pemerintah Desa melalui Kades dapat bekerja dan berkoordinasi dengan baik.

“Semoga bangun ini dapat di pelihara dengan baik, dan dengan di bangunnya irigasi ini dapat menambah tingkat penghasilan masyarakat di bidang pertanian,” tutur Camat.

Selanjutnya, Danramil Silaen, Peltu TNI Harun dalam arahannya berharap pembangunan irigasi ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan semoga setelah selesai di bangun agar di jaga.

“Tolong Pak Kades agar berkoordinasi dengan para pemilik lahan, dengan tetap menjaga kebersihan bangunan seperti ini, terutama yang punya lahan di sekitar ini agar bermanfaat buat masyarakat,” harap Danramil.(LamS)