Abdul Basyid Dalimunthe Resmi Dilantik Jadi Ketua DPRD Tapsel

JELAJAHNEWS.ID – Ketua DPRD Tapanuli Selatan yang baru, Abdul Basyid Dalimunthe dari Fraksi Partai Gerindra resmi dilantik hari ini. Abdul akan menduduki posisi Ketua DPRD Tapsel untuk sisa jabatan periode 2019-2024.

Abdul Basyid Dalimunthe mengucap sumpah dan janji sebagai Ketua DPRD Tapsel dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Tapsel di Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok, Rabu (28/9/2022).

Abdul Basyid Dalimunthe menggantikan Husin Sogot Simatupang dalam pergantian antar waktu (PAW). Selanjutnya politikus senior itu akan tetap menjadi anggota DPRD Tapanuli Selatan.

Ketua Pengadilan Negeri Padang Sidempuan, Faisal bertindak sebagai pengambil sumpah dan janji pergantian antar waktu (PAW) terhadap Ketua DPRD Tapsel tersebut.

Surat keputusan Gubernur Sumut No.188.44/732/KPTS/2022 tanggal 19 September 2022 tentang peresmian, pemberhentian dan pengangkatan Ketua DPRD Tapsel telah dibacakan oleh Sekretaris DPRD Tapsel Darwin Dalimunthe.

Keputusan itu berisi, pertama pemberhentian dengan hormat Husin Sogot Simatupang sebagai Ketua DPRD Tapsel masa jabatan 2019-2024. Kedua, meresmikan pengangkatan Abdul Basyid Dalimunthe sebagai Ketua DPRD Tapsel sisa masa jabatan 2019-2024. Ketiga, pengucapan sumpah janji dilaksanakan paling lama 60 hari sejak di terima surat keputusan.

Dalam sambutan Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu yang dibacakan Wakil Bupati Rasyid Assaf Dongoran menyampaikan, PAW Ketua DPRD Tapsel merupakan hal yang biasa dalam proses demokrasi dan sudah melalui proses perundang-undangan yang berlaku.

Lantas, ia mengucapkan terima kasih kepada Husin Sogot Simatupang karena telah mengemban tugas dan tanggungjawab sebagai Ketua DPRD Tapsel kurang lebih tiga tahun lamanya.

“Kami ucapkan selamat kepada Ketua DPRD Tapsel sisa jabatan 2019-2024, Abdul Basyid Dalimunthe. Semoga dapat menjalankan fungsinya sebagai pimpinan DPRD Tapsel yang dapat memperhatikan juga meningkatkan kualitas kinerja DPRD sebagaimana yang sudah tercapai selama ini,” katanya.

Wakil Bupati menyampaikan harapan lain ke depan, yaitu DPRD Tapsel diharap dapat bersinergi dan saling mendukung, baik terhadap eksekutif maupun kepada para pemangku kepentingan, sehingga program kerja dapat tercapai dengan baik.

Begitu juga sumpah dan janji yang telah diucapkan diharapkan mampu dipegang teguh untuk bisa membangun kerjasama dengan seluruh pihak.

“Karena menjalankan dan memelihara amanah rakyat bukanlah hal yang mudah,” ujarnya.

Sekarang masyarakat, sebut Rasyid menginginkan kerja nyata bukan kata semata. Masyarakat menginginkan para pemangku kepentingan dapat memberikan manfaat bagi khalayak luas, khususnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara, Ketua DPRD Tapsel yang baru, Abdul Basyid Dalimunthe mengajak ke seluruh anggota legislatif agar menjalankan tugas serta fungsi sebagai wakil rakyat dengan baik demi kesejahteraan masyarakat. Sebab pengambilan sumpah dan janji menjadi awal mula pelaksanaan tugasnya sebagai Ketua DPRD Tapsel.

“Mari kita tingkatkan kinerja dalam bentuk perbuatan, pengangaran dan pengawasan peraturan daerah. Begitu juga hubungan DPRD dan eksekutif, ke depan diharapkan dapat semakin harmonis untuk membangun daerah kita yang lebih sehat, cerdas dan sejahtera,” pintanya.

Ia juga meminta kepada segenap jajaran DPRD Tapsel untuk tetap menjunjung tinggi nilai-nilai hukum dan budaya yang ada di Bumi Tabagsel. Selanjutnya meminta anggota DPRD agar bahu-membahu dan ikut serta partisipasi seluruh komponen masyarakat. Sebab semua tidak bisa berjalan tanpa ada dukungan berbagai pihak. (JN-Irul).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *