8 Orang Warga Sergai Positif Covid-19, 1 Meninggal Dunia

JELAJAHNEWS.ID, SERGAI – Pandemi di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) masih berlanjut. Saat ditemui di ruang kerjanya di Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai, Senin (14/09/2020), Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si, melaporkan, dalam rentang 5 hari sejak Rabu (9/9/2020) sampai Minggu (13/9/2020), 8 warga Sergai kembali dikabarkan positif terjangkit virus Corona.

“Pertambahan dimulai pada Rabu (09/09) di mana 2 orang warga Sergai dinyatakan mengidap Covid-19 setelah menjalani PCR test. Korban pertama berinsial AAL (Lk, 21), warga asal Kecamatan Sei Rampah. Yang bersangkutan (ybs) merupakan pasien konfirmasi dari Puskesmas Kedai Durian, Medan. Sedangkan korban kedua inisial AS (Lk, 40), warga Kecamatan Perbaungan yang merupakan kasus konfirmasi dari RSUD Tarutung,” papar Akmal.

Akmal melanjutkan, pada hari Jumat (11/09), 2 orang warga Sergai kembali dinyatakan positif. Kali ini, kedua korban merupakan warga asal Sei Rampah. “ Korban pertama inisial B (Lk, 67) yang merupakan pasien konfirmasi dari RSUD Deli Serdang dan korban kedua inisial YW (Lk, 27) yang adalah kasus konfirmasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumut. Keduanya berdomisili di Sei Rampah,” jelas Akmal lagi.

Selanjutnya pada hari Sabtu (12/09), laju pertambahan korban ditandai dengan kembali positifnya 2 orang warga Sergai. “Yang pertama berinisial AR (Lk, 49) warga yang tinggal di Kecamatan Dolok Masihul dan merupakan kasus konfirmasi dari RSUD Deli Serdang. Kedua, inisial M (Lk, 55), yang berdomisili di Kecamatan Serbajadi dan sama dengan AR, juga merupakan pasien konfirmasi dari RSUD Deli Serdang. Akan tetapi, M (55) telah meninggal dunia di hari yang sama dan telah dimakamkan dengan protokol Covid-19,” tuturnya.

Terakhir pada tanggal 13 September lalu, Akmal menyebut 2 orang warga Sergai lagi-lagi dinyatakan positif Covid-19. “Korban pertama inisial TP (Pr, 18) warga Dolok Masihul dan merupakan kasus konfirmasi dari RSU Martha Friska Medan. Kemudian korban kedua inisial MAH (Lk, 2) yang berdomisili di Kecamatan Dolok Merawan dan yang bersangkutan adalah kasus konfirmasi dari RSUP H. Adam Malik,” ungkapnya.

2 orang warga Sergai dinyatakan sembuh dari Covid-19

Di saat yang sama, sebut Akmal, diinformasikan bahwa terdapat 2 orang warga masing-masing asal Kecamatan Sipispis dan Teluk Mengkudu juga dinyatakan sembuh dari Covid-19.

“Kedua warga tersebut adalah inisial MND (LK, 15) dan SW (Pr, 33) dinyatakan sembuh setelah mendapat penanganan medis. Pertambahan kasus konfirmasi dan warga yang dinyatakan sembuh menjadikan angka di peta sebaran Covid-19 Kabupaten Sergai menjadi 150 kasus dengan perincian 112 orang telah dinyatakan sembuh, 33 orang positif Covid-19 sedang menjalani isolasi mandiri maupun perawatan di RS rujukan sedangkan 5 warga yang positif Covid-19 meninggal dunia,” lanjutnya.

Akmal mengajak agar masyarakat meningkatkan kesadaran bersama untuk bersinergi meminimalisir dan mempersempit jaring penularan dengan menjalankan protokol kesehatan.

“Gunakan masker saat beraktivitas, rajin cuci tangan yang benar dengan sabun, terapkan physical distancing atau jaga jarak serta jaga kesehatan dengan konsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur,” tandasnya.(Jai)