5 Obat Herbal Untuk Redakan Demam

JAKARTADemam merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh bakteri patogen. Jika bakteri ini masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan yang ada pada tubuh manusia akan merespon dengan menaikkan suhu tubuh biasanya di atas 38 derajat Celcius.

Gaya hidup yang tidak higienis dan perubahan cuaca, biasanya yang paling sering menyebabkan seseorang mengalami demam. Penyakit demam pun dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi obat antipiretik. Tetapi jika suhu terus bertambah tinggi, maka disarankan untuk segera berkonsultasi pada dokter.

Selain obat medis, ternyata penyakit demam juga bisa diobati dengan bahan alternatif seperti rempah-rempah yang ada di rumah. Obat-obat alami ini, bisa membantu untuk meredakan demam secara alami dan mengurangi penggunaan antibiotik yang biasanya memiliki dosis kuat. Berikut ulas lima bahan atau rempah alami yang mudah didapatkan untuk meredakan demam.

  1. Bawang putih

Bawang putih yang dihaluskan akan menghasilkan senyawa berupa Allicin. Senyawa ini memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Allicin bisa membunuh bakteri patogen yang biasanya menjadi salah satu penyebab seseorang terkena demam.

Tetapi, bawang putih tidak langsung dikonsumsi begitu saja. Ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama adalah haluskan bawang putih lalu campurkan dengan air panas. Sebelumnya saring dulu agar bawang putih yang masih kasar tidak ikut terminum. Cara kedua adalah mencampurkan dua siung bawang putih yang sudah dihancurkan ke dalam dua sendok minyak zaitun. Lalu oleskan pada masing-masing telapak kaki.

  1. Jahe

Rempah asli Indonesia satu ini memang dikenal berkhasiat untuk kesehatan. Sebab, jahe memiliki senyawa bernama Ajoene yang bisa mengendalikan infeksi bakteri dan virus sehingga dapat membantu menurunkan demam. Cara mengkonsumsi jahe yaitu, parut sedikit jahe lalu tambahkan pada satu gelas/cangkir air panas. Agar sedikit berasa, bisa tambahkan lemon dan madu.

  1. Daun kemangi

Salah satu jenis daun ini ternyata bisa meredakan demam. Daun kemangi memiliki antimikroba dan anti inflamasi yang dipercaya ampuh meredakannya dengan waktu yang cukup singkat. Cara untuk mengonsumsinya yaitu, rebus beberapa daun kemangi (sekitar 20 lembar) dengan jahe yang sudah dihancurkan. Setelah itu saring, dan tambahkan madu. Ramuan obat demam dari daun kemangi ini bisa dikonsumsi dua sampai tiga kali sehari.

  1. Minyak cengkeh

Antipiretik dan antiinflamasi merupakan senyawa yang ada pada daun cengkeh. Antipiretik bisa membantu meredakannya sedangkan antiinflamasi bisa membantu untuk mengurangi rasa nyeri saat demam.

Cara untuk mengonsumsinya juga bisa dilakukan dengan dua cara, pertama adalah mencampurkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam minyak kelapa lalu pijat pada bagian tubuh. Atau bisa juga dengan meneteskannya pada bantal untuk dihirup.

  1. Madu

Sepertinya bahan satu ini paling disukai karena rasanya yang manis dan sudah cukup akrab dengan lidah. Madu, ternyata bisa mengatasi demam secara instan. Beberapa penelitian yang sudah dilakukan menyatakan bahwa madu merupakan obat rumahan yang ampuh mengobati demam yang berkaitan dengan flu dan batuk.

Cara untuk mengkonsumsinya adalah dengan mencampurkan madu, jus lemon dan air hangat. Atau bisa juga dengan mengonsumsi hanya madunya saja sebanyak dua sendok makan setiap sebelum tidur. Beberapa obat herbal atau alami ini bisa dicoba untuk membantu meredakannya secara alami, tetapi perlu diperhatikan pula jangka waktu demam yang dialami oleh seseorang. Jika tidak kunjung sembuh, konsultasi kepada dokter lebih baik untuk dilakukan. (okz)