4 Minuman Ini Bisa Tingkatkan Kemampuan Otak

JELAJAHNEWS.ID, JAKARTA – Banyak cara untuk meningkatkan konsentrasi, memori, hingga produktivitas otak, misalnya memperhatikan kandungan minuman yang dikonsumsi. Tahukah kamu jika ada minuman yang mengandung bahan-bahan peningkat konsentrasi dan kemampuan otak, seperti antioksidan hingga probiotik? Berikut adalah beberapa minuman yang bisa meningkatkan konsentrasi atau fokus, antara lain:

  1. Kopi

Kopi menjadi minuman nootropik yang paling banyak dikonsumsi. Nootropik sendiri merupakan kelas senyawa alami atau sintetis yang dapat meningkatkan fungsi otak.

Ternyata minum kopi tiap pagi bisa turunkan berat badan (shutterstock). Sebagian besar manfaat kopi untuk otak berasal dari kafein, kopi juga mengandung senyawa lain seperti asam klorogenat antioksidan yang juga dapat memengaruhi otak. Kafein sendiri dianggap aman jika dikonsumsi maksimal 400 mg per hari, atau sekitar 4 cangkir kopi.

  1. Teh hijau

Kandungan kafein teh hijau memang jauh lebih rendah daripada kopi. Namun, teh hijau juga menawarkan dua senyawa nootropik yang seperti 1-theanine dan epigallocatechin gallate. Studi menunjukkan bahwa 1-theanine dapat meningkatkan relaksasi. Jika 1-theanine dikombinasikan dengan kafein, itu dapat meningkatkan fokus.

Tinjauan terhadap 21 penelitian pada manusia menemukan bahwa teh hijau secara keseluruhan dapat mendukung fokus, perhatian, dan memori. Selain itu, EGCG juga dapat memasuki otak melalui sawar darah-otak. EGCG sendiri dapat memberikan efek menguntungkan pada otak atau bahkan memerangi penyakit neurodegeneratif.

  1. Jus jeruk

Jus jeruk kaya akan vitamin C, 1 cangkir atau 240 mL jus jeruk menyediakan 93% kebutuhan harian vitamin C. Menariknya, vitamin ini menawarkan manfaat pelindung saraf. Satu ulasan dari 50 penelitian pada manusia menemukan bahwa mereka yang memiliki kadar vitamin C dalam darah punya kor perhatian, memori, dan kemampuan bahasa yang lebih baik.

  1. Jus Blueberry

Blueberry kaya akan senyawa tanaman polifenol yang dapat memberikan manfaat dalam peningkatan kemampuan otak. Antosianin atau antioksidan yang memberi warna ungu kebiruan pada blueberry di mana bisa bermanfaat untuk otak. (src)