2280 Vaksin Covid-19 Diterima Tapsel

JELAJAHNEWS.ID, TAPANULI SELATAN – Forkopimda Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) akhirnya menerima vaksin covid-19 dari Pemprovsu.

Vaksin covid-19 tersebut diterima langsung oleh Sekda Tapsel, Parulian Nasution bersama Kapolres Tapsel, AKBP Roman Smaradhana Elhaj di Instalasi Farmasi Kab. Tapsel, Selasa (2/2/2021). Parulian pun mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi karena telah mendistribusikan vaksin sinovac ke Kabupaten Tapanuli Selatan.

“Dengan adanya vaksin yang kita terima ini, semoga pelaksanaan vaksinasi di Tapsel ini dapat berjalan dengan lancar. Sehingga kita semua bisa terhindar dari virus covid-19,” harap Parulian.

Ia pun mengatakan bahwa, selanjutnya para petugas medis yang sudah terlatih akan segera melaksanakan tugasnya secara profesional dengan mengikuti prosedur yang sudah ditentukan sehingga terhindar dari hal yang tak diinginkan dalam proses vaksinasi yang akan dilakukan Pemkab Tapsel nantinya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kab. Tapsel, dr. Sri Khairunisa mengatakan, jumlah Vaksin Sinovac yang diterima Pemkab Tapsel adalah sebanyak 2280 vial untuk dua dosis. Dan untuk proses vaksinasi yang akan dilakukan, Pemkab Tapsel pun mengutamakan untuk petugas kesehatan yang sudah terdaftar melalui aplikasi sebanyak 1300 orang.

“Akan tetapi, kemudian muncul angka 1140 akibat ada yang tidak lolos di aplikasi seperti ibu hamil, ibu menyusui, dan yang sudah pernah positif covid-19,” jelas Sri.

Lebih jauh dijelaskannya, rencana tahap awal vaksinasi bagi petugas kesehatan, pihaknya telah merencakan untuk melakukan sosialisasi dan simulasi terhadap Puskesmas yang ada. Paralel dengan itu, kata Sri, petugas medisnya juga akan dilatih secara online melalui Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam. Selanjutnya, sambung Sri, Pemkab Tapsel akan melakukan pencanangan penyuntikan vaksin yang diikuti 10 orang dari Forkopimda di aula Sarasi II, lantai III Kantor Bupati Tap.

“Dan dihari yang sama, kita juga akan menjadwalkan masing-masing Puskesmas sudah harus menjemput vaksin ke Instalasi Farmasi Tapsel yang berada di Batunadua Kota Padangsidempuan. Dan diharapkan pada tanggal 5 Februari 2021 nanti, seluruh Puskesmas sudah melaksanakan vaksinasi sesuai jadwal dan orang-orang yang telah terdaftar di aplikasi,” ungkap Sri. (Irul Daulay)